Pelihara Cupang Untuk Pemula


Baru berapa minggu lalu kenalan sama ikan cantik yang punya nama Betta Fish alias si ikan Cupang. Bingung gimana cara pelihara ikan cupang untuk pemula? air ikan cupang harus bagaimana? bagaimana supaya ikan cupang tidak stress? dan bagaimana supaya ikan cupang engga mati? makan ikan cupang apa? begitu banyak pertanyaan mengenai hal penting yang perlu diketahui untuk pelihara ikan cupang bagi pemula.

Itu adalah sedikit pertanyaan yang muncul dipikiran saya saat itu. Semua berawal sekitar bulan lalu. Suami saya dapat Ikan cupang dari abangnya, ikan cupangnya lucu sekali, bentuknya sobek-sobek, belakangan saya baru tau bahwa itu adalah jenis ikan cupang serit. Ternyata banyak jenis ikan cupang lain yang akhirnya saya baru tahu dan beberapa saya pelihara. 

Karena ilmu yang masih minim, ikan cupang serit itu akhirnya berkahir tragis alias mati dalam waktu engga sampai 24 jam. Kok bisa? iya bisa, ternyata walau ikan cupang penangannya mudah, tidak perlu pakai gelembung udara, tapi tidak bisa asal-asalan. Karena ikan cupang termasuk ikan mudah stress, dan stress adalah salah satu penyebab kematian ikan cupang selain penyakit dan kepanasan. 

Setelah ikan cupang serit mati, suami saya masih penasaran dengan ikan cupang, karena ketika sekolah suami pernah pelihara ikan cupang aduan dan peliharanya mudah tanpa kendala. Akhirnya suami dan abangnya pergi ke peternak ikan cupang di dekat rumah, untuk membeli satu cupang dan kembali kerumah ternyata dengan membawa dua ikan cupang. Satu ikan cupang jenis black mamba, dan satu lagi jenis ikan cupang giant multicolor, gratis dari abangnya, sebagai pengganti ikan cupang serit yang mati.

Dari peternak tersebut lah kami baru tahu mengenai beberapa hal mengenai cara memelihara ikan cupang. Saya juga jadi paham kenapa ikan serit saya bisa mati. 

Ada 7 hal  yang perlu diketahui dalam memelihara ikan cupang bagi pemula, yaitu:

1.   Air Endapan.

 

Air yang digunakan untuk mengisi aquarium ikan cupang atau betta tank haruslah air yang sudah diendapkan seharian atau minimal 12 (dua belas) jam, tapi lebih baik air tersebut telah diendapkan minimal sehari semalam. Jika tidak ada air endapan, bisa juga menggunakan air galon, baik yang bermerek maupun air galon isi ulang.

 

2.      Daun Ketapang.

Daun ketapang kering, sangat penting dalam memelihara ikan cupang. Pertanyaan yang muncul ketika pertama mendengar daun ketapang adalah, daun ketapang itu seperti apa? Cari daun ketapang dimana? Daun ketapangnya diapain?

Daun ketapang itu bentuknya seperti foto dibawah ini, aga lebar, dan yang dipakai adalah daun ketapang kering, yang berjatuhan ditanah. Daun ketapang bisa didapatkan di lingkungan sekitar yang memiliki pohon ketapang atau di beli melalui toko online, harganya pun murah mulai dari Rp. 5000,- per bungkusnya. Ada juga yang menjual ekstrak daun ketapang, biasanya harga per botol 600ml sekitar Rp. 15.000,- tapi saya sarankan lebih baik menggunaan daun ketapang kering dari pada membeli estrak daun ketapang.

Daun ketapang kering tersebut direndam untuk menghasilkan air endapan daun ketapang, biasanya air akan menjadi keruh kecoklatan atau menghitam, tergantung banyak atau sedikitnya daun ketapang kering yang direndam.

Ada beberapa cara pilihan menggunakan daun ketapang kering tersebut, bisa langsung ditaruh di aquarium ikan cupang / betta tank, atau direndam terpisah dan baru akan digunakan saat harus mengisi aquarium ikan cupang atau betta tank. Kalau saya  biasa saya meggunakan sedikit saja sobekan daun ketapang, jika mau langsung diletakan pada betta tank, tapi jika direndam terpisah biasa saya akan rendam lebih banyak, nanti ketika mengisi betta tank akan saya isi betta tank dengan setengah air endapan ketapang dan setengan air endapan (bening/air galon), kenapa tidak full menggunakan air endapan ketapang? Karena saya pelihara ikan cupang untuk dinikmati, kalau full air endapan ketapang, maka airnya akan menjadi sangat kuning kecoklatan bahkan bisa jadi coklat kehitaman, dan ikan cupangnya tidak bisa dinikmati. Kalau peternak ikan cupang biasanya akan menggunakan air endapan ketapang yang pekat. 

Apa sih kegunaan daun ketapang? Daun ketapang kering diperlukan untuk menetralkan PH air sesuai dengan kadar Ph air alami habitat ikan cupang, dan juga untuk membuat warna dari ikan cupang lebih cepat keluar atau bermutasi.

3.      Menguras aquarium ikan cupang / betta tank

Ikan cupang termasuk ikan yang bersih, jadi sebaiknya 3 hari atau maksimal 4 hari sudah harus dikuras dan diganti dengan air yang baru. Karena kalau air kotor ikan cupang mudah sekali sakit.

4.      Garam Ikan

Garam ikan berwarna putih dan berbulir besar-besar, mirip dengan garam kasar. Garam ikan diperlukan untuk anti jamur, anti septic aquarium, membantu daya tahan tubuh ikan, menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran cairan tubuh ikan, meningkatkan ph air, membunuh parasit jamur dan parasit ikan, juga diperlukan saat musim hujan, garam ikan membantu menetralkan suhu air di aquarium ikan cupang.

5.      Makanan ikan cupang

Memilih makan ikan cupang juga sempat membuat saya bingung, ada beberapa pilihan makanan ikan yang bisa digunakan. Poin pentingnya sebelum mencari makanannya, saya diberitahu bahwa ikan cupang membutuhkan makanan dengan protein yang tinggi adalah yang terbaik.

Selain pelet ikan yang bisa dibeli di toko online atau toko penjual ikan hias, ada pilihan lain yang bisa di dapat dari lingkungan sekitar, ikan cupang juga bisa diberi makan udang mentah, tentunya tidak udang utuh, udang bisa dicincang kecil-kecil kemudian diberikan kepada ikan cupang, satu udang bisa digunakan untuk beberapa ikan cupang, selain itu jentik nyamuk yang ada di genangan air di rumah kita juga bisa dijadikan makanan ikan cupang terakhir adalah cacing sutra beku yang dijual di toko online atau toko penjual ikan hias.

6.      Suhu udara extrim

Cupang rentan terhadap suhu udara yang extrim dan berubah-ubah. Khususnya panas, panas extrim bisa membuat ikan cupang mati berdiri. Ya mati berdiri, tegak. Saya sempat mengalaminya saat panas extrim berapa hari lalu, ikan cupang plakat mustard gass saya mati berdiri, karena siang itu panas terik dan aquarium ikan cupang sebagian diletakan diteras rumah. Untuk suhu extrim dingin, seperti musim hujan, saya disarankan oleh peternak cupang untuk menambahan garam ikan untuk menstabilkan suhu air di aquarium ikan cupang agar tidak dingin.

7.     Memberi makan ikan cupang.

Ikan cupang diberi makan 2-3 x sehari, tapi kalau saya member makan ikan cupang cukup 2 x sehari (pagi dan sore). Karena ikan cupang jika terlalu kenyang pun ternyata bisa sakit dan mati, bahkan ada yang susah bab. Hihihi mirip manusia ya… 

Bagaimana? Tidak sulit kan memelihara ikan cupang? Jika sudah menerapkan 7 hal penting yang diketahui untuk memelihara ikan cupang bagi pemula, maka siapapun sudah bisa memelihara ikan cupang cantik dirumah.

 


Post a Comment

6 Comments

  1. Waah telaten sekali ya memelihara ikan. Ingat sepupu saya yang juga suka ikan cupang ini. Ternyata memang butuh diperhatikan. Pantesan dia nampak bagitu sayang pada ikannya, hehe...

    ReplyDelete
  2. Saya termasuk pengagum ikan cupang ini. Pernah memiliki 5 ekor.
    Sekarang enggak ada semua, saya berikan ke teman dan saudara saya. Khawatir ndak keurus.

    Tapi kalau lihat tips dari kakak ini, saya jadi tergoda buat pelihara lagi. hehehehe

    ReplyDelete
  3. Belum pernah pelihara ikan cupang Mbak. Ternyata gitu cara merawatnya. Pernah dengar pengalaman beberapa teman yang pelihara cupang, katanya memang mudah mati.

    Makasih infonya yaa Mbak, dikit-dikit jadi tahu

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat kakak waktu pelihara cupang. Semua cermin rias disulap jadi cermin aduan haha.

    ReplyDelete
  5. Kudu telaten ya mbak pihara ikan cupang, dan baru tahu ada bbrp hal yg harus diperhatikan

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas ilmunya mom. Belum pernah mencoba kalau untuk cupang. Kalau ikan lain seperti nila atau lele udah tahu beberapa caranya. Kunci penting dalam budidaya ikan pada air dan sirkulasi air itu sendiri.

    ReplyDelete